Kamis, 15 November 2018

Story Of My Blog (2018)

Selamat pagi menjelang, teman-teman semuanya! 😋

Berhubung hari ini aku belum bisa update review buku. Aku pengen cerita sedikit soal blog ini. Kemarin aku sempat buka-buka postingan lama dan menemukan pembahasan tentang review blog. Hal yang sudah beberapa kali aku lakukan, tetapi setelah itu tidak berlanjut lagi. Aku menyayangkan hal itu. Tapi sepertinya memang itu yang selayaknya terjadi.

Source : tumblr.com
Beberapa bulan belakangan ini aku sering hilang-hilangan di blog. Beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Benar! Nge-blog itu butuh konsistensi. Untuk bisa menghasilkan tulisan yang menarik pembaca, informatif, dan detail itu butuh proses. Dimana proses tersebut akan menghasilkan ke-konsisten-an.

Sebelumnya, aku pernah bercerita tentang sejarah panjang blog ini, mulai dari ganti nama, ganti alamat blog, ganti template, sampai akhirnya ganti topik. Semuanya tidak instan begitu saja, butuh proses untuk menuju ke titik ini. Dan sekarang, di titik ini, aku sudah menemukan topik untuk blog ini. Sehingga fokus blog ini menjadi semakin terarah. Oiya, ceritanya bisa kalian cek disini: Story Of My Blog

Setelah aku membaca ulang, ternyata ada pembahasan tentang hak paten nama blog aku. Sebelumnya, maafkan aku, karena banyak sekali perubahan yang terjadi. Tapi, aku menghargai ketidak-konsistenanku sebagai pelajaran supaya membangun sesuatu dengan hati-hati. Yap, pada akhirnya, aku mengganti nama blog menjadi seperti sekarang ini. Dan ini sudah paten, kok. Tidak alay juga. (maaf aku pernah alay, 😂)

Tahun 2017, aku banyak menginginkan perkembangan pada blog aku. Tapi tidak diimbangi dengan proses yang cukup matang. Hal ini justru menjadi boomerang untuk aku. Aku yang waktu itu ingin serius nge-blog, terhalang dengan kesibukan organisasi dan lupa untuk memanajemen blog ini. Padahal, aku punya beberapa mimpi yang ingin aku wujudkan dengan blog ini. Contohnya seperti yang aku sebutkan di review blog bulan Januari 2017, bisa cek disini.

Beberapa mimpi itu aku sudah wujudkan dan terlihat hasilnya di blog ini. Apa aja sih yang sudah berhasil dan belum berhasil?
  1. Review blog
    Meskipun selama tahun 2017 review ini hanya berjalan dua bulan saja (Januari dan Juni), tetapi ini sudah berhasil aku lakukan.
  2. Nambah cerpen
    Nah, ini yang belum bisa. Seiring berjalannya waktu, masa-masa SMK memang masih bisa untuk membuat cerpen-cerpen, tapi untuk saat ini, aku sudah tidak bisa lagi, karena feel-nya sudah berbeda.
  3. Writting challenge
    Fungsi dari challenge ini supaya blog ini tetap aktif dan aku memiliki pembahasan. Waktu itu memang perlu. Tapi sekarang sudah tidak lagi karena sudah aktif dan sudah memiliki pembahasan.
  4. Ganti template blog
    Nah, akhirnya ini terwujud juga di tahun 2017. Hasilnya ya seperti ini, guys.
  5. Posting gambar
    Yap, bisa dilihat postingan-postingan selama tahun 2017, pasti rata-rata sudah dibarengi dengan gambar.
Dari lima mimpi itu, meskipun masih ada yang belum terwujud, tetapi itu tidak menjadi masalah untuk blog. Sejauh ini masih baik-baik saja. Berlanjut pada bulan Juni tahun 2017, bisa cek disini. Mimpiku sederhana sekali waktu itu. Hanya sebatas AKTIF NGE-BLOG, itupun tidak terwujud, ya karena kesibukan yang tidak dimanajemen dengan baik. Disisi lain aku belum menemukan topik untuk blog. Jadi, daripada blog-nya menjadi lahan untuk aku bisa curhat sepuasnya, itu malah tidak baik buat pembaca blog ini. (Aku mikirin kalian juga lho, guys! 😅)

Jadi, aku menyayangkan beberapa hal. Tapi memang sudah selayaknya terjadi juga. Ya, memang begitu. Karena beberapa hal yang sudah aku jelaskan tadi. Tentang pembahasan, tentang fokus blog, dan tentang konsistensi.

Nah, di tahun 2018 ini, akhirnya... yang aku nantikan tiba: topik blog sudah dapat! Meskipun beberapa kali blog harus out of topic karena ada keperluan, misalnya: lomba blog, review blog, dan lain sebagainya. Hal itu tidak mengubah fokus utama blog ini. Lantas, apa saja yang ingin aku lakukan selama sisa waktu tahun ini?
  1. Jadwal review buku
    Aku mulai menjadwal posting blog. Karena topik utama blog ini adalah review buku, jadi sebisa mungkin aku mengatur jadwalnya, jangan sampai aku me-review buku tapi tidak membacanya terlebih dahulu, jatuhnya jadi aneh dan tidak informatif. 😆
  2. Jadwal blogwalking
    Seiring bertumbuhnya blog, blogwalking itu perlu untuk menambah wawasan, menambah teman, dan untuk diskusi sesama blogger.
Dari kedua hal itu, aku berharap semoga bisa konsisten, mengingat ini sudah memasuki akhir tahun 2018. Tahun ini bisa dikatakan tinggal sisanya saja. Nanti, tahun 2019, harus ada rencana lagi yang dibangun untuk blog ini.

Nah, ini ceritaku bersama blogku. Kalau ceritamu? Share di kolom komentar, ya! 😉
Share:

6 komentar:

  1. Sama sih hehe sejujurnya konsisten itu berat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan :D Sejujurnya topik yang ingin dibahas itu banyak. Tapi... buat konsisten itu lho, kadang gemes sendiri mbak. Eh jadi curhat :D

      Hapus
  2. Hai mba Ayu.
    Salam kenal

    Iyes. Menulis itu memang butuh konsisten dan keseriusan biar bisa terlihat progressnya.

    Semangat ya mba. Akupun juga mulai kembali merambah blog yang berdebu ckckc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, hai juga, mba Qona. Salam kenal juga. :)
      Iyap, bener banget, memang butuh serius dan konsisten. Wah, selamat datang kembali di dunia blog, semoga makin betah, ya. Semangat terus nulisnya! Hehe :D

      Hapus
  3. Problem yang sering menjangkiti blogger. Termasuk Saya. Draft postingan blog saya mencapai 50 ! Lambat sekali saya mewujudkan draft2 tersebut menjadi postingan yang terpublish. Malah justru nambah ide sehingga nambah lagi antrian draftnya ckck

    BalasHapus
  4. Ah iya bener mas, tahun ini saya belum posting lagi. Padahal ide sudah banyak. Tapi eksekusinya kok mlempem gini, ya. Wah, nggak bener nih, kudu diperbaiki. Semangat memperbaiki mas, hehe :D

    BalasHapus