Minggu, 18 Februari 2024

Bersyukur

Halo, selamat malam!

bersyukur

Berjumpa lagi dengan tulisan lama yang mengendap di draft, yah rasanya banyak sekali tulisan yang akhirnya mengendap tanpa dipublikasikan. Mungkin memang sudah waktunya satu per satu tulisanku dimunculkan di blog ini. Hmmm, nggak juga sih. Mungkin nanti juga bakal mengendap lagi. Tapi.. kali ini aku pengen membahas tentang hal-hal yang aku syukuri & alasan-alasannya..

Siapa sih yang nggak kenal kata ‘grateful’ atau bersyukur? Pasti semua orang kenal, wong setiap ada masalah dan kita cerita ke orang lain aja kita diminta untuk bersyukur hahaha klise banget ya?

Sejujurnya, buatku bersyukur itu menjadi PR setiap hari, karena setiap kali ada kejadian di hari itu bisa menjadi bahan evaluasi untuk lebih bersyukur setiap harinya. Sayangnya, aku sebagai manusia biasa ini juga seringkali lupa untuk bersyukur. Padahal aku juga tau kalau everything happen for a reason, iya segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan yang pastinya bikin tambah bersyukur.

Diantara banyaknya hal yang perlu dan penting banget untuk aku syukuri, ada 3 hal yang bikin aku sangat bersyukur:

  1. Masih diberikan bahu yang kuat untuk bertahan sampai di usia saat ini.
    Setelah ulang tahun ke-25 di bulan Juli lalu, aku sangat bersyukur masih diberikan bahu yang kuat untuk bertahan. Kalau nggak diberikan bahu yang kuat, aku pasti sudah menyerah di tengah jalan dan nggak tau apakah aku bakal sampai di titik ini. Aku percaya bahwa setiap manusia mempunyai masalahnya masing-masing, aku pun punya masalah yang membentuk diriku menjadi seperti saat ini.
  2. Dipertemukan dengan orang-orang baik yang mau berbagi ilmu denganku.
    Bertemu nggak cuma secara langsung tatap muka, tapi juga bertemu secara virtual. Aku bersyukur banget ketemu sama orang-orang yang ada di sekitarku saat ini, orang-orang yang bersedia membantuku saat aku berada di bawah, orang-orang yang bersedia mengingatkanku saat aku berada di atas, orang-orang yang selalu memberi semangat, mendukung, menemani, dan semua hal yang aku dapatkan dari orang-orang baik di sekitarku.
  3. Punya privilege yang nggak dipunya orang lain.
    Sadar nggak sih kalau sebenarnya setiap orang itu punya privilege? Mungkin rasanya seperti nggak punya, tapi sebenarnya kita punya kok. Kita punya privilege yaitu masih mau berusaha terus menerus. Masih mau menjalani hidup dengan segala permasalahannya. Masih mau menyelesaikan masalah yang kita hadapi setiap harinya. Dan tentu saja privilege ini nggak terlepas dari peran-Nya bagi hamba-Nya yang mau terus menerus berusaha.
Ketiga hal di atas yang bikin aku bersyukur menjalani hidupku saat ini. Tulisanku berat, ya? Maaf, tapi semoga bisa menjadi reminder kita sebagai manusia untuk lebih bersyukur. Seperti yang aku tuliskan di awal tadi, bersyukur itu menjadi PR setiap hari. Mungkin memang perlu dilakukan sebelum tidur kita ingat-ingat kembali kejadian hari itu yang membuat kita menjadi lebih bersyukur.

Terima kasih sudah membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat, ya! Sampai jumpa di tulisan selanjutnya..

~

ditulis: Yogyakarta, 14 September 2022

diunggah: Yogyakarta, 18 Februari 2024

Share:

0 komentar:

Posting Komentar