Minggu, 07 Januari 2024

2023 RECAP

Nggak muluk-muluk, tapi membuatku mengerti bahwa aku cuma manusia biasa yang berusaha menjalani hari-hari dengan tenang.
2023 RECAP

Hai, berjumpa lagi setelah sekian lama!

Tahun 2023 menjadi tahun dengan postingan paling dikit diantara tahun-tahun sebelumnya. Duh, kemana aja ya hidupku selama 2023 kemarin? Kok malah makin jarang buat nulis. Padahal tahun 2022 lalu udah menyadari kalau tanpa menulis, aku bisa gila! :”

Jawabannya adalah aku menulis di buku jurnal. Aku lebih banyak menghabiskan cerita-ceritaku di sana. Entah mengapa lebih nyaman karena private, sebelumnya di tahun 2022 aku lebih banyak menulis di blog ini karena nyaman membuat tulisan setiap akhir bulan. Namun, setelah itu karena capek berhadapan dengan layar hampir 24/7, aku jadi mengurangi insensitas di depan layar. Aku mulai banyak menulis dan membuat jurnal di buku. Terutama aku senang membuat jurnal memori tentang perjalananku, seperti menempel tiket nonton film, nota resto atau kedai kopi yang aku datangi, dan tiket/nota lainnya. Rasanya senang sekali bisa mengabadikan momen dengan tempel menempel di buku jurnal. Meski, sedikit mengorbankan tulisan di blog sih 😅

Oiya, aku mau coba rekap momen-momen kehidupan di tahun 2023 kemarin:

  1. Mengawali tahun 2023 dengan perasaan insecure akibat ‘am I not good enough?’ untuk hal apapun. Huft, rasanya waktu itu khawatir dan takut menghadapi hari-hari sepanjang tahun 2023. Tidak banyak resolusi yang aku bikin, karena aku sudah kalut duluan. But, waktu itu aku berkali-kali bilang ke diriku: YAKIN!
  2. Aku juga sedang berperang melawan ego-ku. Aku pikir, tahun 2023 itu merupakan titik balikku meredam segala ego. Aku yang tadinya kekeuh bisa apa-apa sendiri, kemudian aku mulai bisa menerima orang lain untuk membantuku. Kalau ada yang bilang “ego is the enemy”, itu benar adanya dan aku sudah selesai dengan hal tersebut. 2023 menjadi pelajaran untuk mengendalikan ego.
  3. Masih tentang ego, aku yang selama ini kesulitan untuk terbuka dengan orang lain dan mengurai kerumitan di kepalaku. Di tahun 2023 aku mulai bisa terbuka dan bisa mengurai kerumitan di kepala, aku menemukan stress release formula setelah banyak hal yang aku coba, mulai dari menulis, membaca, merajut, curhat dengan orang lain, dan lain sebagainya.
  4. Fall in love it doesn't have to be with someone, sometimes it just fall in love with life. Pelan-pelan aku mulai menikmati hidupku, tidak banyak bertanya, hanya berusaha menjalaninya. Pelan-pelan aku menemukan diriku yang tidak rumit, tapi juga tidak sederhana.
  5. Merayakan dua lima dengan tenang adalah suatu kebahagiaan tersendiri. Tidak grasa-grusu, tidak buru-buru, tidak overthinking. Salah satu hal yang aku syukuri di tahun 2023 kemarin adalah tenang.

Terakhir, diantara keputusan-keputusan hidup yang aku pilih, diantara rencana-rencana yang aku jalani, aku belajar banyak dari keputusan dan rencana yang aku ambil. Nggak muluk-muluk, tapi membuatku mengerti bahwa aku cuma manusia biasa yang berusaha menjalani hari-hari dengan tenang. So, tahun 2024 ini aku juga akan menghadapinya dengan tenang✨.

~

Yogyakarta, 07 Januari 2024

Share:

0 komentar:

Posting Komentar