Selasa, 07 Februari 2017

Tampilan Baru!

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat datang di tampilan baru. Mungkin yang jadi pengikut blog ini bakalan ngambek yaa, dari semalam aku otak-atik terus, sudah gitu lagi pusing mikirin kamu #eh bukan, tapi kode html-nya. Sepertinya, bekal untuk otak-atik website belum cukup. Hmmm :’(

Nah, di tampilan baru aku ini. Aku pakai template hasil download dari New Blogger Themes. Hasil dari blogwalking bermacam-macam website :D Alhamdulillah, akhirnya nemu juga! Ohya, aku mau review untuk website-website yang menurutku kurang, etapi aku nggak menyebutkan merk ya. Aku cuma mau sharing saja.
  1. Website full color. Ini menyakitkan buat mata! Sebenarnya, satu atau dua warna sudah cukup menarik perhatian pembaca. Sudah gitu, kalau full color, gimana mau baca artikelnya? Kan susah, baru baca beberapa menit saja, mata sudah capek. Buat temen-temen yang mau buat website atau blog, aku sarankan untuk tidak terlalu ramai ya, karena pembaca itu yang meramaikan website atau blog kalian!
  2. Penuh iklan. Nah ini yang sering nggak habis fikir. Why? Ya, mungkin saja karena ada website yang dikomersial-kan, tetapi untuk batas wajar mungkin tidak menganggu ya, kalau sudah over apa tidak menganggu? Jujur, kalau menurut aku itu menganggu.
  3. Alert message. Yang satu ini pun termasuk, dari awal aku mengenal internet—dimana dulu masih copas artikel sana-sini :D—Tetapi kadang aku kecewa, baru tiba di website tersebut, tetapi dihadang dengan alert message, entah hanya menyapa ataupun mengharuskan login terlebih dahulu, atau malah subscribe channel media sosial, itu juga membuat pengunjung tidak nyaman.
Point-point diatas adalah bentuk sharing dari saya,  sekaligus tips buat teman-teman yang mau bikin website atau blog. Karena, kenyamanan pembaca itu penting!
Image by Google (with edit)
       “Kenapa pakai template dari New Blogger Themes?”
Ini juga buah dari blogwalking, tetapi kali ini beda. Aku nggak sengaja menemukan link penyedia template blogger ini. Alhasil, setelah pilah pilih dan coba untuk pasang template, hasilnya cocok! Ah, akhirnya blog ini menemukan jodohnya, template ini. Yang punya blog kapan ketemu jodohnya? #kemudian hening. Menurutku, template dari blog ini pun elegan dan simple. Jadi tetap mewah tapi nggak ramai, kalem gitu~
       “Kenapa ganti template?”
Alasan ganti template itu karena template lama itu bawaan dari blog. Sebenarnya tinggal otak-atik script-nya aja sih, tapi berhubung aku belum belajar tingkat HTML, jadi ya sudah.. cari yang instan! Lain dari itu, template bawaan blog dulu itu justru memberatkan pembaca, karena waktu pembaca membuka blog, udah dihadapkan rentetan huruf-___- Lebih mendingan template yang ini karena ada fitur read more.
       “Apa begitu penting ganti template?”
Penting! Sebenarnya ini pandangan subjektif. Tergantung dari keinginan dan bagaimana pandangan pemilik blog kepada pembaca. Tujuan menulis apa sih? Untuk dibaca kan? Entah itu hanya untuk diri sendiri atau berbagi dengan yang lain. So, template pun mempengaruhi minat membaca. Kadang-kadang pemilik blog juga akan bosan dengan template yang ada, pembaca pun demikian.
       “Lantas template blog apa yang cocok?”
Nah ini disesuaikan dengan isi blog kalian. Kalau membahas tema otomotif ya sebaiknya desain template dengan desain tema otomotif. Kalau membahas tema traveling ya pakai desain template tema perjalanan. Ini yang dinamakan niche blog. Kalau aku sendiri tidak condong ke salah satu hal ya, karena disini aku membahas mengenai apapun yang aku tahu.

Sekian dari aku, bagaimana pandangan kalian tentang template? Silahkan tinggalkan di kolom komentar ya! Ohya, buat teman-teman yang mau mencoba menggunakan template New Blogger Themes, di sini.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Share:

6 komentar:

  1. Hi kak, udah bagus templatenya, jadi cepat dan respnsive juga, tapi untuk label2 diatas mungkin bisa diedit ya kak hihi masih yg bawaan soalnya, semangat ngeblognya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga, ohiya.. yaps pasti aku edit deh. Terima kasih sudah berkunjung. Salam kenal yaa :)

      Hapus
  2. Saya pernah ganti template tapi hasilnya gak memuaskan karena malah gak sesuai. Beberapa widget malah hilang. Jadi, saya kembali ke template bawaan Blogger. Ada solusi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbb mas. Mas bisa cari tutorial untuk mengedit template hasil download di Google. Nanti ada tutorialnya kok. Saya kemarin juga cari tutorialnya..

      Hapus
    2. Alhamdulillah, mbak! saya sudah ganti template menggunakan New Blogger Theme juga. Ternyata lebih mudah mengeditnya.
      Kalau mau blogwalking atau review, silakan kunjungi alraihans.blogspot.co.id

      Hapus
    3. Iya mas, memang mudah kok kalau dipelajari. Iyaa, nanti saya kunjungi balik yaa, terima kasih sudah berkunjung. Maaf baru balas..

      Hapus