Senin, 20 Februari 2017

KEBeragaman Untuk Berbagi

Saat ini perkembangan internet sangatlah pesat. Internet sendiri dapat diartikan sebagai jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan milyaran jaringan. Dengan adanya internet ini, manusia semakin mudah dalam mengerjakan pekerjaannya. Seperti mengirim dokumen melalui email, belajar dan menambah wawasannya melalui internet, dan juga internet bisa dijadikan alat hiburan, serta internet dapat menjadi sarana bisnis.
Image by Google (with edit)
Saya sendiri, untuk pertama kalinya mengenal internet pada tahun 2010. Saat itu saya mengenal internet melalui sosial media yang sedang tenar di kalangan remaja seusia saya. Tentu saja, bagian ini saya sebut sebagai internet adalah alat hiburan. Seiring berjalannya waktu, ternyata banyak hal yang saya peroleh dari internet. Tidak hanya sebatas alat hiburan saja, melainkan sebagai tempat belajar dan menambah wawasan.

Berawal dari hobi menulis, saya mencoba dalam media online. Awalnya saya menulis karangan fiksi, tetapi kemudian saya justru menjadikan media online sebagai diary. Saya kemudian berfikir, apa yang menarik dari tulisan saya? Semuanya hanya berisi keluh kesah saya dalam menjalani kehidupan. Seolah-olah saya tidak bersyukur dengan apa yang ada.

Ketika berniat untuk mengubah niche blog, ternyata ada satu peristiwa yang membuat saya down. Down untuk menulis dan menjadi seorang blogger. Peristiwa itu adalah laptop saya rusak dan parahnya lagi, LCD laptop saya yang rusak. Lalu apa yang harus saya lakukan?

Untuk sementara waktu, saya menggunakan ponsel untuk mem-posting tulisan saya di blog dan tidak teratur untuk posting. Sampai pada akhirnya, semangat saya kembali dan saya ingin serius dalam dunia blog. Saya kemudian berinisiatif membeli LCD monitor. Jadilah, laptop saya yang rusak LCD-nya mempunyai peran sebagai CPU dan LCD monitor berperan sebagai pengganti LCD laptop yang rusak.
Dok. Pribadi (with edit)
Berbekal dengan perkembangan internet yang kini menjadi 4G LTE, saya kemudian bertemu dengan KEB (Kumpulan Emak2 Blogger).  Salah satu komunitas blogger perempuan. Sepintas terasa aneh ketika akan bergabung, mengingat saya belum menjadi emak-emak melainkan calon emak-emak. Namun, setelah saya membaca pada halaman website-nya. Saya menjadi tahu dan yakin untuk bergabung dan diterima. Saya tentu harus bersyukur.

Meskipun saya merupakan member baru dalam KEB. Akan tetapi banyak sekali manfaat yang saya peroleh, untuk saya pribadi, saya menjadi semangat untuk menulis dan menjadi seorang blogger. Sementara itu saya merasakan atmosfer yang berbeda dalam KEB, tentu karena sebuah komunitas dan didalamnya berisi beragam hal, seperti parenting, rumah tangga, travelling, pekerjaan, dan lain sebagainya. Saya merasakan atmosfer keberagaman ini sebagai semangat keberagaman untuk berbagi. Terlihat dalam grup facebook, satu member mengomentari member yang lain, begitu juga sebaliknya. Dan juga, dalam twitter, selalu men-retweet postingan member, sehingga memudahkan untuk blogwalking.

Sehingga, saya benar-benar merasakan manfaat internet dalam hidup ber-keragaman ini. Dimulai dari kemudahan akses informasi, adanya sharing dalam sebuah komunitas, dan adanya kebersamaan meskipun dalam dunia maya.

*tulisan ini diikutsertakan dalam lomba #XtraKEBeragaman
http://emak2blogger.com/2017/02/03/lomba-blog-keb5th/
Share:

5 komentar:

  1. Salam kenal :) Masuk KEB emang bikin silaturrahim dan acara ngeblog yang tadinya cupu jadi meningkat pelan2 ya mbak, bener ga? hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya salam kenal juga mbak :) Bener banget mbak, apalagi makin banyak juga yang share pengalaman dengan menulis blog, jadinya nambah seru. Maaf baru dibalas ya mbak..

      Hapus
  2. salam kenal, ternyata gak cuman emak-emak yang yg gabung di KEB dan hal itu bisa menambah keberagaman yang semakin asyik, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak :) Ah iya benar itu, saya calon emak-emak kok :D Banyak banget keberagaman di KEB, seru-seru semuanya. Makasih sudah berkunjung mbak, maaf baru balas yaa :)

      Hapus
  3. salam kenal, ternyata gak cuman emak-emak yang yg gabung di KEB dan hal itu bisa menambah keberagaman yang semakin asyik, hehehe

    BalasHapus