Selasa, 04 Januari 2022

Pengalaman Pertama Naik KRL Jogja – Solo

Halo, teman-teman! Selamat datang di blog aku lagi, hehe. Selamat tahun baru ya, eh udah hari ke-4 nih di tahun 2022. Gimana liburannya? Sudah puas? Atau masih kurang? 😁 Kalau aku sih maunya masih liburan yaaa, jalan-jalan asalkan dibayar.. eh aamiin semoga suatu saat! 😉
Foto KRL Jogja  Solo

Okay, jadi kali ini aku mau cerita pengalaman pertama naik KRL Jogja – Solo. Sebelum ada KRL ini, kalau mau naik kereta api dari Jogja ke Solo pasti menggunakan Prameks (Prambanan Ekspres). Dimana ketika bulan Februari tahun 2021, Prameks sudah berhenti beroperasi dan digantikan dengan KRL. Nah, karena waktu itu sedang ada PPKM, jadilah aku belum sempat coba naik KRL Jogja – Solo ini, padahal Jogja – Solo itu deket, satu jam perjalanan juga udah sampai tapi untuk mencegah dan melindungi diri, jadinya tetap nurut anjuran PPKM. 

Akhir tahun 2021, akhirnya aku merasakan pertama kalinya naik KRL Jogja – Solo. Gimana rasanya? Excited bangettt! Aku anaknya kalau diajak jalan tuh seneng bangettt, kamu nggak ada niat ngajak aku jalan nih? *kodeee* 

Pemandangan dari dalam KRL

Pemandangan di dalam KRL

Apa kelebihan KRL dibandingkan Prameks?

Kelebihan naik Prameks itu suara keretanya nggak bising banget kayak Prameks. Jadi suaranya keretanya itu lebih halus gitu. Ohya, tempat duduk KRL udah nggak sama kayak Prameks yang harus berhadapan sama orang lain lho. Jadi nggak ada lagi tuh cerita lutut ketemu lutut alias lutut bertatapan 😆 Setting tempat duduk di KRL itu memanjang di samping kanan dan kiri, lalu bagian tengah biasanya orang-orang bisa berdiri sambil pegang handel yang disediakan.

Nah, setiap gerbong itu isinya kursi penumpang biasa dan kursi penumpang prioritas. Kursi penumpang biasa ini bisa ditempati untuk umum, sedangkan kursi penumpang prioritas itu dipakai untuk lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas, dan ibu membawa anak.

Kelebihan KRL yang lain adalah AC-nya adem, hahaha. Kemarin sewaktu aku berangkat itu Jogja lagi hujan, pas masuk kereta bukannya hangat tapi nambah adem huwaaa. Tapi seneng sih, nggak panas kayak di Prameks dulu. Eh iya, btw aku terakhir naik Prameks itu tahun 2019, waktu itu ke Solo juga karena ada acara bedah buku sama penulis. Padahal penulisnya orang Jogja, aku juga orang Jogja, tapi acaranya diselenggarakan di Solo, jadinya ya ke Solo.. wkwkwk.

Berapa tarif naik KRL Jogja – Solo? (termasuk tarif PP)

Untuk tarif naik KRL Jogja – Solo masih seperti tarif naik Prameks alias 8rb saja untuk sekali perjalanan. Jadi, untuk biaya PP Jogja – Solo naik KRL itu totalnya 16rb. Ya, setaralah sama bensin kalau kita naik motor PP Jogja – Solo.

Bagaimana cara pembayaran KRL?

Pengalaman pertama naik KRL Jogja-Solo itu juga bikin bingung karena nggak paham cara bayarnya. Sebelum berangkat, aku sempat tanya ke orang yang biasanya naik KRL, bayarnya bisa pakai LinkAja atau KMT (Kartu Multi Trip). Berhubung aku nggak punya KMT, jadi aku pakai LinkAja soalnya tinggal top-up dari m-banking. Ternyata sampai di pintu masuk, satu akun LinkAja hanya bisa untuk satu orang. Jadi kalau perginya berdua, ya berarti harus pakai dua akun LinkAja. Nggak bisa satu akun buat berdua.. HAH?! Seketika itu pengen teriak pengen pakai KAI Access aja yang bisa langsung pesen tiket berdua. Huwaaa, kok ribet sih 😣 

Udah gitu kemarin sempat tanya ke loket pemesanan tiket, pas itu udah dikasih tau sama mbak petugasnya untuk langsung ke gate-nya aja, eh aku masih nanya “lho nggak pakai tiket mbak?”, ternyata di gate-nya kita tinggal scan barcode LinkAja atau tap KMT-nya. Huwaaa, asliii kalo nggak pakai masker pasti udah malu banget sih itu 🤣 Rasanya pengen balik karena maluuu!

Nggak apa-apa sih kan pengalaman pertama, jadi dimaklumi dong wkwk. Nah, setelah masuk ke gate, tinggal nunggu KRL-nya aja deh. Aku kemarin dapat gerbong yang isinya pekerja semua. Jadi di dalam isinya pekerja pada pakai setelan lengkap & bawa hape + headset-an. Duh, bikin aku iri aja karena aku pengen kayak gitu.. kapan ya 🤔 Berdoa yuk semoga bisaaa~

Berapa lama waktu naik KRL dari Jogja ke Solo?

Untuk waktu perjalanan dari Jogja ke Solo maupun sebaliknya itu kurang lebih 68 menit. Ya, sejam lebih dikitlah.. menurutku ini lebih cepat dibandingkan Prameks sih, soalnya Prameks bisa lebih lama. Eh atau sama aja ya, tapi karena suara keretanya yang lebih halus, jadi perjalanan tuh mulus. Nggak terganggu sama bising kereta. Enjoy banget menikmati perjalanan..

Sayang banget sih waktu perjalanan pulang dari Solo ke Jogja itu sudah ramai penumpang. Jadi aku selama perjalanan (kurang lebih 68 menit alias 1 jam 8 menit) itu aku berdiri.. huhu. Bayangkan kaki pegelnya kayak apa, pengen nangis tapi lihat bapak-bapak di depanku yang sama-sama nggak dapat tempat duduk pun bapaknya nggak ngeluh. Paling cuma capek aja sih soalnya kelihatan dari raut wajah dan matanya yang agak merah.. kasian banget Bapaknya. Dear bapaknya.. semoga sehat selalu walau perjalanan Jogja – Solo nggak dapat tempat duduk di KRL ya pak. Aamiin 🤲    

Pemandangan KRL saat sepi
    
Pemandangan KRL saat ramai   

Kapan aja jadwal KRL Jogja – Solo dan Solo – Jogja?

Ohiya, untuk jadwal keretanya ada di bawah ini ya gaes. Bisa langsung cek aja nih 😊👇

https://www.krl.co.id/unduh-jadwal-krl-terbaru/

Cerita dari aku

Demi menjaga keselamatan bersama, di dalam KRL juga nggak boleh buka masker, kalau ada yang buka masker biasanya akan ditegur sama petugas. Alhamdulillah kemarin pas aku naik itu pada patuh semua, walaupun aku nahan haus sampai Solo. Hufttt. Rata-rata juga nggak pada ngobrol sih, paling cuma satu dua yang memang saling kenal. Selain itu diam semuanya. Bayangkan berada di dalam KRL dengan tujuan jalan-jalan liburan, tapi malah ketemu pekerja yang belum pada libur, disitu aku pengen bilang: nikmat manakah yang aku dustakan? Alias.. aku juga sedih wei abis resign 😭 Cerita pengalaman kerja aku bakal tulis nanti yaaa.. insyaAllah 😊

Nah, begitulah pengalaman pertama naik KRL Jogja – Solo. Aku sampai di Jogja sekitar jam 7 lebih 15 menit.. Alhamdulillah perjalananku lancar hari itu. Padahal pagi hari sewaktu berangkat dari Jogja sudah hujan gerimis, tapi sampai di Solo cuacanya cerah. Bersyukur bangettt!

Btw, kamu punya pengalaman apa nih selama liburan akhir tahun 2021 kemarin? Yuk cerita di kolom komentar, hehe. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Sampai jumpa di postingan selanjutnya, yaaa! 😉✨

Share:

2 komentar:

  1. pas banget tulisannya lewat kak huhu, kebetulan aku juga lg pengen nyobain naik krl jogja solo, makasih share-nya kak, bismillah ga jadi malu pas udah tau cara payment tiketnya hehehe 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi makasih yah udah mampir. Buruan cobain deh biar dapet pengalamannya naik krl! 😁

      Hapus